Mendag RI dan Kementrian AS Jalin Kerjasama Atasi Deforestasi

- 16 November 2023, 23:16 WIB
Pertemuan Bilateral Indonesia - AS
Pertemuan Bilateral Indonesia - AS /HM/

MUDANESIA - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Wakil Menteri Pertumbuhan Ekonomi Energi dan Lingkungan Amerika Serikat Jose W. Fernandez sepakat untuk bekerjasama dalam mengatasi deforestasi.

Hal ini disampaikan oleh Zulkifli Hasan dalam pertemuan bilateral dengan Jose Fernandez disaat sela kegiatan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2023 di San Fransisco, Amerika Serikat, Pada Hari Kamis 16 November 2023.

Zulkifli Hasan mengajukan kerjasama mengenai pengembangan sumber baterai untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik, karena Indonesia hanya memiliki nikel sehingga akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan lain, seperti lithium.

"Indonesia tidak punya lithium sehingga bagus bila di-combine dengan nikel," kata Zulkifli Hasan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Hari Kamis.

Terkait dengan kerjasama tersebut, Jose Fernandez menyoroti adanya isu deforestasi terkait penambangan nikel. Dia menyebut Amerika Serikat akan bekerjasama dengan masyarakat soal standar lingkungan sesuai aturan negara untuk mengatasi isu deforestasi.

Zulkifli Hasan pun menyetujui untuk menindak lanjuti semua kesepakatan dengan Amerika Serikat. Lebih lanjut, didalam forum itu juga membahas terkait peningkatan status kemitraan dengan Indonesia dari Strategic Partner menjadi Comprehensive Strategic Partnership.

Baca Juga: MAN 1 Kota Bandung Menggelar Festival Budaya Serta Pagelaran P5P2RA 2023

Indonesia juga meminta dukungan Amerika Serikat mengenai keanggotaan Indonesia di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Lebih lanjut, Indonesia meminta Amerika Serikat untuk mendukung Indonesia dalam transisi energi keberlanjutan dan masuknya mineral kritis ke Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau standalone dan juga meminta dukungan terkait Generalized System of Preferences (GSP).

Halaman:

Editor: Soleh Hadin

Sumber: Kemendagri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah