Ratusan Juta Serangan Denial of Service (DoS) Telah Menyerang Situs-situs Web Milik KPU

- 15 Februari 2024, 09:00 WIB
Sumber: Instagram KPU
Sumber: Instagram KPU /

MUDANESIA - Hal tersebut di sampaikan Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU RI Jakarta seperti yang di kutip dari Antara, pada Kamis (15/2/2024).

"Ada ratusan juta di DoS itu menyerang, saya tidak bilang puluhan, bukan satuan, tapi ratusan juta serangan ke hampir semua situs yang dimiliki KPU dan memang di situs web kpu.go.id ini lumayan serangannya. Padahal situs tersebut memuat informasi dan data Pemilu 2024. Untuk sementara, hasil pemilu ada di infopemilu.kpu.go.id., " ujar Betty

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU tersebut juga menambahkan bahwa hal itu telah langsung ditangani oleh Satuan Tugas Keamanan Siber KPU. Betty juga mengaku bahwa dirinya turun langsung memeriksa kendala tersebut.

Baca Juga: Hasil Quick Count Unggulkan Pasangan Prabowo - Gibran, Anies Baswedan: Kasih Waktu Bagi KPU Untuk Kerja

"Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk situs web kpu.go.id. Jadi, mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU," ungkap Betty.

Perlu diketahui, serangan DDoS menargetkan situs web dan server dengan mengganggu layanan jaringan yang bertujuan untuk menghabiskan sumber daya aplikasi.

Pelaku di balik serangan DDoS ini biasanya akan membanjiri situs dengan lalu lintas yang menyimpang, sehingga fungsionalitas situs web menjadi buruk atau membuatnya offline sama sekali karena kelebihan beban atau overload.

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah