Produk Tekstil Indonesia Berpotensi Raih Transaksi Rp. 312 Milyar Dalam Ajang Texworld Paris 2024

- 29 Februari 2024, 19:15 WIB
Produk Tekstil Indonesia Berpotensi Raih Transaksi Rp. 312 Milyar Dalam Ajang Texworld Paris 2024
Produk Tekstil Indonesia Berpotensi Raih Transaksi Rp. 312 Milyar Dalam Ajang Texworld Paris 2024 /Kemlu/

MUDANESIA - Keikutsertaan Indonesia dalam ajang ekshibisi tekstil Internasional yaitu Texworld Paris 2024 yang berlangsung di Paris, Perancis berpotensi membukukan transaksi sementara untuk produk tekstil Indonesia dengan nilai mencapai 20 juta dolar AS atau setara Rp. 312 miliar untuk satu tahun ke depan.

Hal tersebut terungkap dalam keterangan Atase Perdagangan Paris Ruth Joanna Samaria kepada media. Ruth juga menyampaikan bahwa keikutsertaan Indonesia merupakan hasil kerjasama Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Paris dan hanya Indonesia satu satunya negara ASEAN yang tampil pada dalam ajang internasional tersebut.

"Kami melihat partisipasi Indonesia sebagai salah satu produsen utama garmen dunia sangat penting pada Texworld Paris, khususnya ketika negara pesaing utama dari ASEAN tidak tampil dalam pameran ini. Untuk itu, Indonesia harus mampu mengambil kesempatan ini dan menampilkan produk-produk unggulan kepada para pembeli," kata Ruth.

Ruth kembali mengatakan, partisipasi Indonesia pada pameran ini menjadi bukti nyata dukungan pemerintah untuk mempromosikan produk tekstil Indonesia di tingkat internasional. Indonesia mengirimkan lima perusahaan tekstil, yang mendapat 500 pembeli dari Inggris, Spanyol, Jerman, Belgia, Kanada, India, Yunani, hingga Turki.

Selain menampilkan produk garmen, salah satu peserta dari Indonesia juga berhasil menampilkan produk dengan inovasi terbaru yang ramah lingkungan seperti produk dengan sertifikasi Better Cotton Initiative (BCI), ISO 9002, dan ISO 14001.

Dalam ajang internasional Texworld Paris yang berlangsung pada 5-7 Februari 2024 di Porte Des Versailles, Paris, Prancis. Indonesia menghadirkan lima perusahaan yaitu Hakatex, Gistex Indonesia, Duta Permata, Daliatex dan Dan Liris.

Pelaksanaan Texworld Paris sekaligus menandai kembalinya para pembeli dari kawasan Eropa ke Texworld, khususnya setelah pandemi Covid-19. Para pembeli yang hadir kebanyakan berasal dari merek-merek fesyen global terkemuka, diantaranya Ralph Lauren, Uniqlo, dan H&M.***

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah