Berencana Mudik Pakai Motor?, Yuk Simak Program Mudik Gratis Buat Yang Punya Rencana Mudik Pakai Motor

- 5 Maret 2024, 16:00 WIB
ILUSTRASI berboncengan.*
ILUSTRASI berboncengan.* /PIXABAY/

MUDANESIA - Kementrian Perhubungan telah membuka pendaftaran mudik gratis 2024 khusus bagi pengendara motor.

Program mudik gratis ini diberikan pemerintah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas terutama kendaraan roda dua saat musim mudik lebaran, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan menekan tingkat kemacetan lalu lintas di jalan jalan utama

Perhatian Kementerian Perhubungan Terkait tingginya resiko bagi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor tentunya sangat beralasan. Wakil Ketua Umum Bidang Keselamatan Transportasi, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Rivan A. Purwantono mencatat bahw jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77% nya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

Untuk itu Pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan meminta masyarakat jika mudik menuju kampung halamannya masing masing untuk tidak menggunakan transportasi sepeda motor. Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi.

Melihat dari besarnya risiko yang akan dihadapi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan juga akan diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan.

Kementerian Perhubungan telah menyediakan berbagai Moda Mudik Gratis yaitu moda transportasi darat, moda transportasi laut, serta moda kereta api.

Untuk jalur darat, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang menurut rencana akan di mulai pada tanggal 5 Maret-3 April 2024.

Untuk arus mudik dan balik ini telah tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik menurut rencana akan dilakukan pada tanggal 5 April sampai dengan 7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Selain itu, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Kemenhub


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah