Cuaca Ekstrem Mengintai: BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Terkait Bibit Siklon Tropis

- 14 Maret 2024, 21:11 WIB
Sumber bmkg.go.id
Sumber bmkg.go.id /

MUDANESIABMKG mengikuti perkembangan dinamika atmosfer di Indonesia dan terus memantau Kondisi cuaca serta potensi dampaknya. Berdasarkan analisa cuaca terkini dan mencermati perkembangan kondisi cuaca selama sepekan ke depan, BMKG memperkirakan curah hujan diperkirakan akan meningkat signifikan di beberapa wilayah Indonesia.

Update Dinamika Atmosfer

BMKG mengikuti perkembangan dinamika atmosfer di Indonesia dan terus memantau kondisi cuaca serta potensi dampaknya. Berdasarkan analisa cuaca terkini dan mencermati perkembangan kondisi cuaca selama sepekan ke depan, BMKG memperkirakan curah hujan diperkirakan akan meningkat signifikan di beberapa wilayah Indonesia. Berikut adalah update dinamika atmosfer terkini:

1. Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial masih terpantau dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan.

2. Adanya tiga Bibit Siklon Tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan. Berdasarkan Analisis tanggal 14 Maret 2024, 07.00 WIB menunjukkan bahwa:

‌Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 - 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori SEDANG-TINGGI dalam 24 jam kedepan.

‌Bibit Siklon Tropis 94S memiliki kecepatan angin maksimum 15 - 20 knots (28 - 37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, pergerakan ke arah timur-tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori RENDAH dalam 24 jam ke depan.

‌Bibit Siklon Tropis 93P memiliki kecepatan angin maksimum 20 - 25 knots (37 - 46 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 1003 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori RENDAH dalam 24 jam ke depan.

Potensi Cuaca Wilayah Indonesia

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x