Korlantas Polri Meluncurkan SIM C 1 Untuk Pengendara Motor Kapasitas 250 Hingga 500 CC

- 28 Mei 2024, 14:00 WIB
Korlantas Polri Meluncurkan SIM C 1 Untuk Pengendara Motor Kapasitas 250 hingga 500 CC
Korlantas Polri Meluncurkan SIM C 1 Untuk Pengendara Motor Kapasitas 250 hingga 500 CC /Korlantas Polri/

MUDANESIA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin 250-500cc. Kepala korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melaunching langsung SIM C1 di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta.

Irjen Pol Aan Suhanan dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa syarat memperoleh SIM C1 yakni mempunyai SIM C biasa paling tidak selama satu tahun. Kemudian Korlantas berencana memberlakukan SIM C2 pada tahun depan untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas 500 cc ke atas.

Kemudian Irjen Pol Aan juga mengatakan bahwa tujuan dari peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 adalah untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin besar atau yang lebih dikenal dengan motor gede alias moge.

"Kompetensi mengemudi ini menjadi sangat penting, kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita. Begitu juga jalan, kita sudah punya kompetensi, kompetensi itu kan ada skilnya, nanti diuji oleh satpas ini. Bagaimana keterampilan mengemudi kendaraan roda dua yang CC-nya 250 ke atas," " ujar Aan kepada wartawan di Jakarta, pada Selasa (28/5/2024).

Aan pun mengungkapkan sebenarnya aturan SIM C1 ini sudah ada peraturannya sejak 2021 namun baru direalisasikan tahun 2024 ini. Karena menurutnya, Polri ingin memastikan dahulu seluruh sistemnya. Agar dapat langsung diimplementasikan setelah diperkenalkan ke masyarakat.

Menurut Aan, nantinya terdapat tiga jenis SIM sesuai dengan kompetensinya masing masing, yaitu untuk SIM C 1 khusus untuk motor berkapasitas 250 hingga 500 CC kemudian pada tahun depan Polri juga akan meluncurkan SIM C 2 untuk motor berkapasitas 500 CC ke atas.

Kepala Korps Polisi Lalu lintas ini juga menegaskan tujuan di perkenalkannya SIM C1 adalah untuk mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi di jalan. Karena uji kompetensi sebagai salah satu syarat kepemilikan SIM C 1 diharapkan dapat menciptakan pengendara yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap yang baik dalam berlalu lintas agar mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

Acara simbolis peluncuran SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suyudi Ario Seto, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman dan komunitas motor besar.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kepada wartawan di sela sela peluncuran penerbitan SIM C1, di Satpas SIM Polda Metro Jaya mengatakan, dirinya mengapresiasi penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap keselamatan berkendara.

"Penggolongan SIM merupakan cerminan kepedulian Polri, untuk menempatkan keselamatan berkendara sebagai prioritas utama. Itu memastikan setiap pengguna kendaraan bermotor di jalan raya, adalah pengendara yang telah memenuhi syarat dan kualifikasi sebagai pengemudi," ujar Bambang Soesatyo, pada Senin (28/5/2024).

Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menegaskan, IMI siap bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mensosialisasikan SIM C1 ke berbagai komunitas otomotif dan masyarakat umum.***

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah