Cegah! Flek Hitam Akibat Sinar Matahari Dengan Produk Pencerah Kulit

- 12 Mei 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. Inilah waktu yang tepat untuk berjemur sehingga tubuh mendapatkan asupan vitamin D.
Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. Inilah waktu yang tepat untuk berjemur sehingga tubuh mendapatkan asupan vitamin D. /Pixabay.com

MUDANESIA - Pentingnya perlindungan kulit dari paparan sinar matahari tidak bisa diabaikan, terutama saat cuaca panas. Dr. Fitria Agustina merekomendasikan beberapa langkah penting untuk mencegah flek hitam dan menjaga kesehatan kulit.

1. Gunakan produk perawatan kulit yang dapat mencerahkan: Serum yang mengandung bahan seperti vitamin C, konic acid, atau asam azelaat dapat membantu memudarkan flek hitam secara teratur.

2. Gunakan tabir surya setiap hari: Tabir surya broadspectrum dengan SPF tinggi (minimal 30) dan PA++++ sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan flek hitam. Ini juga membantu mencegah peningkatan pigmentasi kulit yang sudah ada.

3. Exfoliasi dengan AHA dan retinol: Penggunaan AHA dan retinol topikal dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan dan memudarkan flek hitam.

4. Gunakan pelembab yang ringan: Pelembab yang ringan dan tidak berminyak membantu menjaga kelembaban kulit, terutama setelah mandi atau berada di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengidentifikasi Cerita Legenda Yang Benar?

5. Gunakan masker wajah atau scrub alami: Bahan alami seperti lemon, yogurt, atau madu dalam masker wajah atau scrub dapat membantu memudarkan flek hitam, tetapi perlu berhati-hati terutama jika memiliki kulit sensitif.

6. Minum banyak air: Minum banyak air membantu mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit, terutama selama musim panas. Sayur dan buah yang kaya antioksidan juga penting untuk kesehatan kulit dari dalam.

7. Mewaspadai konsumsi kopi: Konsumsi kopi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan dehidrasi karena sifat diuretiknya. Pastikan untuk minum lebih banyak air jika mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah