Simak! Metode Perawatan Kulit Sandwich Retinol

- 12 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Perawatan Kulit.
Ilustrasi Perawatan Kulit. /Pexels

MUDANESIA - Metode perawatan kulit "Sandwich Retinol" menawarkan solusi untuk mengatasi masalah kulit yang berkaitan dengan retinol, terutama pada jenis kulit yang sangat reaktif. Dalam wawancara dengan Well and Good, Dr. Kimberly Jerdan, seorang ahli dermatologi dan ahli bedah kosmetik serta laser di Oklahoma, menjelaskan konsep ini.

1. Retinol dan Fungsinya: Retinol adalah bentuk retinoid, senyawa yang berasal dari vitamin A. Senyawa ini digunakan dalam produk-produk topikal untuk membantu mengelupas kulit lebih cepat, menjadikannya terasa lebih halus dan tampak lebih cerah.

2. Fungsi Retinoid pada Kulit: Kulit secara alami memperbaharui diri setiap 28 hingga 30 hari, tetapi retinoid dapat secara signifikan mengurangi waktu pergantian tersebut.

3. Pentingnya Penyangga: Semua jenis kulit bisa peka pada retinoid, dan penggunaan retinoid bisa meningkatkan kepekaannya. Metode Sandwich Retinol menerapkan penyangga antara bahan aktif retinol dan kulit dengan menggunakan pelembab. Ini membantu mengurangi iritasi, kekeringan, pengelupasan, dan sensitivitas kulit.

4. Pemilihan Pelembap: Dalam memilih pelembap untuk memasukkan retinol, disarankan untuk memilih yang lembut. Pelembap dengan gliserin dan dimetikon (silikon pelindung) dapat membantu menghidrasi dan menenangkan kulit saat menggunakan retinoid.

5. Metode 1-2-3: Bagi yang baru pertama kali menerapkan Sandwich Retinol, disarankan untuk melakukannya secara bertahap. Misalnya, hanya menerapkan metode ini satu malam pada pekan pertama, dua malam pada pekan kedua, dan seterusnya.

6. Bahan Lain yang Perlu Dihindari: Bahan lain yang dapat membuat kulit menjadi sensitif seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan vitamin C sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan retinol, karena dapat menimbulkan iritasi.

Dengan menerapkan metode Sandwich Retinol secara bertahap dan menggunakan pelembap yang tepat, retinol dapat lebih mudah ditoleransi oleh kulit sensitif, membantu menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi masalah kulit yang berkaitan dengan retinol.***

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah