Mau Ziarah? Ke Soreang saja, Ada Kampung Adat Mahmud loh!

- 19 November 2020, 19:52 WIB
Kampung Adat Mahmud /MUDANESIA/Wikipedia/

MUDANESIA- Kampung Mahmud termasuk sebagai salah satu kampung adat. Keberadaannya tidak jarang dikunjungi banyak orang, baik yang berziarah maupun hanya sebatas mengisi waktu sekaligus untuk menikmati makanan khas yang ada di kampung adat tersebut.

Secara letak geografis, Kampung adat Mahmud terletak di RW 04 Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Jaraknya terpaut 6 KM dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

Kondisi alamnya terbilang cukup indah karena berada di pinggir Sungai Citarum. Bahkan sebelum terkena dampak pembangunan Tol Soroja, hamparan persawahan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata, sewaktu menuju kampung adat tersebut.

Baca Juga: The Crown Musim 4, Bahas Kisah Perselingkuhan Kerajaan Terbesar di Dunia yang Ramai Dibicarakan

Letak kampung adat tersebut cukup strategis, mengingat berada di tengah-tengah antara Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi. Jumlah penduduknya sendiri yang menghuni Kampung Mahmud diperkirakan mencapai 1200 orang, terbagi ke dalam 1 RW dan 4 RT.

Masyarakat di Kampung Mahmud memiliki mata pencaharian yang beragam. Ada yang bekerja sebagai petani, pedagang, sopir, pegawai swasta, bahkan pegawai negeri. Memiliki arti nama "reueus" (bangga), "deudeuh" (kasih sayang penuh dengan rasa ikhlas), Kampung Mahmud memberi corak warna tersendiri bagi masyarakatnya, yakni untuk senantiasa hidup berpedoman pada agama secara kuat.

Baca Juga: Berkunjung ke Singapura dan Mengorek Sejarahnya, Setengah Jam dari Padalarang

Kuatnya masyarakat dalam menjadikan agama sebagai pedoman dalam tata cara berkehidupan, menjadi ciri khas kampung tersebut dan diakui banyak orang. Sehingga dalam setiap minggunya tak urung banyak peziarah mendatangi Kampung Mahmud bahkan di hari-hari biasa juga, ada saja peziarah yang datang.

Kehadiran para peziarah ke Kampung Adat Mahmud ini dilatari karena kampung tersebut memiliki makam karomah yang sudah dikenal masyarakat luas. Adapun Makam Karomah tersebut ialah Makam Eyang Abdul Manaf, Makam Sembah Eyang Dalem Abdullah Gedug, dan Makam Sembah Agung Zaenal. ***

Halaman:

Editor: Raden Bagja


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X