Selain Cantik, Bunga ini Banyak Khasiatnya, loh! Simak 9 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

- 21 November 2020, 18:15 WIB
Bunga Telang /MUDANESIA/pixabay/

MUDANESIA - Bunga Telang merupakan jenis tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias, bunga Telang juga dikenal sebagai tanaman obat dan bahan pewarna alami yang menghasilkan warna biru.

Bunga Telang memiliki sejumlah bahan aktif yang memiliki potensi farmakologi. Potensi farmakologi bunga telang antara lain sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antisida, anti diabetes, anti kanker, anti histamin, immunomodulator, dan potensi berperan dalam susunan saraf pusat.

Baca Juga: Main Games Baik untuk Kesehatan Mental, Alasannya Diungkapkan Profesor dari Oxford University

Bunga ini juga dijuluki sebagai butterfly pea flower, bukan karena bunga ini sering dihinggapi kupu-kupu. Nama tersebut berasal dari bentuk mekarnya bunga yang tampak seperti sayap kupu-kupu.

Pada saat ini, bunga Telang sedang ramai diperbincangkan karena khasiatnya, juga karena warna alami yang dikeluarkannya.
Warna yang dihasilkan dari bunga telang pada saat ini banyak digunakan untuk minuman di restoran-restoran ataupun warna yang dikeluarkan digunakan sebagai bahan pewarna makanan lainnya.

Khasiat Bunga Telang

Selain bentuk dan warnanya yang indah, bunga telang juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Halaman:

Editor: Raden Bagja


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X