Desa Pajajar di Rajagaluh Kab Majalengka Tawarkan Wisata Religi, Alam dan Edukasi

- 28 Mei 2024, 15:00 WIB
Desa Pajajar di Rajagaluh Kab Majalengka Tawarkan Wisata Religi, Alam dan Edukasi
Desa Pajajar di Rajagaluh Kab Majalengka Tawarkan Wisata Religi, Alam dan Edukasi /Tim Napak Tilas/

MUDANESIA - Siapa yang tidak mengenal Nama Prabu Siliwangi, Tokoh Legendaris Kerajaan Pajajaran tahun 1482 M - 1521 M yang bercorak Hindu sebelum berkembangnya Islam di Tatar Sunda. Sosok kesatria ini sering melanglang buana dan meninggalkan jejak di suatu daerah, salah satunya adalah di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka.

Tim Napak Tilas yang di dampingi oleh Didi Supriyadi Perangkat Desa Pajajar dan Dadan Kepala Dusun berkesempatan untuk mengunjungi lokasi wisata spiritual berupa Petilasan Prabu Siliwangi.

Didi Menuturkan bahwa Obyek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi memiliki luas sekitar 5 hektar dengan mengusung 3 tempat Wisata yaitu Wisata Religi,Alam dan Edukasi.

"Kita dapat berziarah ke situs-situs religi yang ada di sini, seperti Pesanggarahan Prabu Siliwangi, 2 Mata Air Keramat dan Batu Pasarean. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati suasana alam yang cukup indah, suara gmercik air dan beberapa hewan Jinak seperti monyet dapat dijumpai di tempat wisata ini. Pengunjungpun dapat menikmati wisata edukasi seperti mengenal pohon-pohon langka berusia ratusan tahun" ujar Raksa Bumi.

Lebih lanjut Didi menuturkan bahwa keberadaan Obyek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi ini dapat meningkatkan PAD Desa Pajajar dan ikut melestarikan situs bersejarah di Desa ini.

Dalam kesempatan tersebut Tim Napak Tilas juga bertemu dengan Jubaedi selaku pendiri obyek wisata Petilasan Prabu Siliwangi, Menurutnya pada tahun 1990 dia menggagas agar hutan ini dijadikan wisata.

"Pada waktu itu saya punya keyakinan, bahwa ini adalah aset Desa Pajajar yang kedepannya akan menjadi Pendapatan Desa Pajajar. Semoga kedepannya situs ini semakin dikenal banyak orang, masyarakat harus memahaminya dan jangan sampai meninggalkan budaya yang sudah ada ", ujar Mantan kepala Desa Pajajar.

Desa Pajajar di Rajagaluh Kab Majalengka
Desa Pajajar di Rajagaluh Kab Majalengka

oleh Jubaedi, Tim Napak Tilas pun diajak berkeliling ke situs-situs yang terdapat di lokasi obyek wisata Petilasan Prabu Siliwangi.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Tim Napak Tilas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah