Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Sumedang

- 1 Januari 2024, 23:33 WIB
/

MUDANESIA - Senin, 01 Januari 2023 Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana bersama Letjen TNI Suharyanto, dalam melakukan tinjauan pasca gempa Sumedang dengan magnitudo 4.8 ke beberapa titik lokasi terdampak.

Kepala BNPB Suharyanto menyampaikan, bahwa pemerintah akan melakukan pendataan untuk membangun rumah bagi warga yang terdampak.

"Bagi masyarakat yang rumahnya terdampak dan rusak berat akan diganti oleh Pemerintah, jangan sampai masyarakat tinggal di tenda lebih dari satu Minggu, begitu tanggap darurat selesai masuk tahap rehabilitas dan rekonstruksi, setelah itu baru membangun rumah tahan gempa untuk rumah-rumah yang rusak berat," Ucap Kepala BNPB Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Ruang Tengah Gedung Negara Sumedang.

Baca Juga: Gempa Mengguncang Sumedang di malam Tahun Baru

RSUD Sumedang merupakan lokasi pertama yang dikunjungi. Dimana perhari telah dilakukan asesmen oleh pihak PUPR.

RSUD Kabupaten Sumedang telah dinyatakan aman untuk digunakan kembali.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, ada 11 yang luka ringan, ada 11 yang luka ringan, hari ini sudah dilaksanakan asesmen sebanyak tiga kali oleh instansi yang berwenang dan kredibel yaitu PUPR dan menyatakan bahwa rumah sakit ini aman untuk digunakan kembali," Ungkap kepala BNPB Suharyanto saat meninjau keadaan RSUD Sumedang.

Rencana sore ini, pasien yang ditempatkan di tenda darurat akan dipindahkan kembali ke ruangan masing-masing secara bertahap menurut skala prioritas.

Kepala BNPB Suharyanto dan Pj. Bupati Herman, selain meninjau kondisi RSUD mereka juga meninjau dampak dari lokasi di Kelurahan Cipameungpeuk.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: Diskominfosanditik


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah