DPR Menuding Bansos Sebagai Pemicu kelangkaan dan Kenaikan Harga Beras

- 18 Februari 2024, 21:14 WIB
Ilustrasi panggul beras/Tangkap layar youtube
Ilustrasi panggul beras/Tangkap layar youtube /

MUDANESIA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Hidayatullah, menyoroti harga yang terus melambung. Bahkan politisi PKS ini menuding bahwa Bantuan Sosial (Bansos) menjadi pemicu naiknya harga beras.

Hidayatullah mengungkapkan banyak rakyat yang berteriak karena harga bahan pokok terus naik dari hari ke hari. Dirinya pun mengkritisi tata kelola pangan di Indonesia yang dinilai kacau.

"Rakyat mengeluh harga makanan terus melonjak naik, masalah ini terkait tata kelola yang masih semrawut kemudian data pangan yang tidak akurat hingga insentif bagi petani berkurang, terbukti beras produksi Indonesia menjadi yang termahal di antara negara produsen beras,” tegas anggota Komisi IX DPR RI ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Panggil Surya Paloh ke Istana

Dirinya menduga mahal dan langka beras diduga akibat Bansos, seperti di kutip dari laman DPR. Diketahui beberapa waktu belekangan, bansos dibagikan secara serampangan.

"Peranan komoditas makanan mencapai 74,21 persen, sementara non makanan hanya sebesar 25,75 persen (Maret 2023), pemerintah harus segera mengatasi, apalagi disinyalir jor-joran bansos beras juga merupakan penyebab beras langka,” ungkap Hidayatullah.

Anggota DPR RI as PKS itu juga menduga akan terjadi potensi inflasi yang terjadi pada bulan Februari 2024. Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga seperti beras, daging ayam ras, dan cabai merah.

Dirinya juga kembali menuding adanya dominasi pasar oleh sekelompok konglomerat diduga menjadi penyebab harga beras meroket tersebut dan kurang cepatnya Perum Bulog merespon fenomena yang terjadi di mana seharusnya berperan dalam mengendalikan harga agar masyarakat tidak kesulitan.

Baca Juga: Sebanyak 1.290 Petugas KPPS di Sulawesi Selatan Jatuh Sakit

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x