Presiden Jokowi Meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah, Simak Apa Itu Minyak Makan Merah dan Manfaatnya

- 16 Maret 2024, 21:00 WIB
Sumber berita dan foto https://iopri.co.id dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS)
Sumber berita dan foto https://iopri.co.id dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) /

MUDANESIA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah. Pabrik ini berlokasi di Pagar Merbau Kab Deli Serdang Sumatera Utara pada Kamis (14/3/2024) lalu.

Presiden Jokowi berharap dengan adanya pabrik minyak makan merah ini dapat memberikan kontribusi bagi para petani kelapa sawit di tanah air.

Perlu di ketahui, bahwa pabrik minyak makan merah ini merupakan pabrik pertama yang ada di Indonesia yang memproduksi minyak makan merah bersumber dari minyak kelapa sawit.

Sebenarnya penelitian mengenai efektivitas dan manfaat dari minyak makan merah sudah dilakukan sejak tahun 2022 oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Bahkan sempat Presiden Jokowi pun sempat meninjau proses penelitian ini pada bulan Juli 2022 lalu.

Baca Juga: Jokowi: Kegiatan UMKM Telah Berhasil Mengangkat Perekonomian Bangsa dan Menyerap Tenaga Kerja

Mungkin banyak yang bertanya tanya terkait Minyak makan merah ini. Minyak makan merah atau lebih di kenal dalam dunia industri sebagai refined palm oil adalah sebuah produk dari minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) namun dalam proses penyulingannya tidak sampai ke tahap proses penjernihan atau di sebut bleaching tahap akhir seperti pada minyak goreng yang kita kenal selama ini. Makanya minyak ini memiliki warna kemerahan yang terang juga mencolok serta memiliki aroma khas yang cukup kuat. Tentu saja warna terang yang mencolok berasal dari warna minyak kelapa sawit yang memang berwarna merah tua.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Edwin Lubis, keunggulan dari minyak makan merah tersebut terletak pada nilai gizi dan kandungan pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng pada umumnya

“Minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat kita dari stunting karena nilai gizi dari minyak makan merah ini sangat besar dibanding dengan minyak goreng yang beredar di pasaran,” ujar Edwin Lubis kepada media beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan yang lain Kepala Tim Peneliti Minyak Makan Merah PPKS-PT RPN Dr. Frisda Rimbun Panjaitan juga menambahkan, kandungan nutrisi pro vitamin A dan vitamin E dalam minyak makan merah sangat tinggi. Tidak ada minyak nabati jenis lain yang memiliki kandungan serupa seperti minyak makan merah.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: https://iopri.co.id dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS)


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah