Kegiatan Kerjasama Pemantauan dan Pengawasan Divisi Pelayanan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Jawa Barat

- 23 Maret 2024, 22:30 WIB
/

MUDANESIA - Bertempat di Grand Shunsine Resort dan Convention Soreang Bandung, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jawa Barat menggelar kegiatan Kerjasama Pemantauan atau Pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual dengan Instansi Terkait. Pada Jum'at (22/3/2024).

Kegiatan yang bertemakan "Membangun Pemahaman Untuk Melindungi Kekayaan Intelektual" di buka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jawa Barat Andi Taleting Langi dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara stakeholder sekaligus mengedukasi terkait pentingnya perlindungan kekayaan intelektual kepada masyarakat.

Baca Juga: Sosialisasi Paten 'One Stop Service' Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat

Andi berharap kegiatan ini dapat memperkuat koordinasi antar stakeholder terkait terhadap perlindungan kekayaan intelektual serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak kekayaan intelektual.

https://jabar.kemenkumham.go.id/
https://jabar.kemenkumham.go.id/

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya mengatakan bahwa Jawa Barat memiliki potensi kekayaan intelektual yang cukup tinggi sehingga menjadi penting untuk terus menggali dan mengangkat potensi kekayaan intelektual di Jawa Barat.

Menurut Andika, selama kurun waktu tahun 2023 Kemenkumham Jawa Barat telah menangani 5 perkara terkait hak cipta. 3 dari 5 perkara tersebut bisa terselesaikan dengan proses mediasi atau restorasi justice.

Selain itu menurut Andika, alasan terpilihnya kabupaten Bandung sebagai lokasi kegiatan adalah karena Kabupaten Bandung menjadi daerah dengan pemohon hak paten merek atau hak cipta terbanyak di Jawa Barat, yang menandakan bahwa kesadaran akan perlindungan merek atau hak cipta di Kabupaten Bandung semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: Mudanesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah