Latihan Bersama Antara Korps Marinir TNI AL Dengan Marinir Amerika Serikat di Sukabumi

- 2 Mei 2024, 20:15 WIB
Latihan Bersama Antara Korps Marinir TNI AL Dengan Marinir Amerika Serikat di Sukabumi
Latihan Bersama Antara Korps Marinir TNI AL Dengan Marinir Amerika Serikat di Sukabumi /Korps Marinir TNI AL/

MUDANESIA - Latihan Bersama (Latma) Reconnaissance Exchange (RECONEX) 2024 antara Korps Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika Serikat yang berlangsung di Puslatpur Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat, sejak Jumat (26/04/2024) lalu telah memasuki hari ke 6.

Salah satu materi latihan yang di lakukan oleh para prajurit Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 1 Korps Marinir dan Marinir Amerika Serikat (USMC) adalah berupa latihan infiltrasi dengan mengatasi rintangan yaitu menyeberangi sungai yang berarus cukup deras yang berlokasi di Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (1/5/2024).

Latihan infiltrasi itu adalah bagian dari rangkaian dalam kegiatan Latihan Bersama (Latma) Reconnaissance Exchange atau Reconex 2024 antara Korps Marinir TNI AL dan US Marine Forces Pacific (US Marforpac) First Marine Expeditionary Force (I MEF) 1st Reconnaissance Battalion yang berlangsung dari tanggal 25 April hingga 10 Mei 2024.

Menurut Komandan Batalyon Intai Amfibi (Danyontaifib) 1 Korps Marinir TNI AL Mayor Marinir Laili Nugroho, seperti yang di lansir dari keterangan pers Korps Marinir TNI AL di Jakarta, pada Rabu (1/5/2024) menyampaikan bahwa Latihan Operasi Menyeberang Sungai bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan infiltrasi prajurit.

Latihan bersama antara kedua korps Marinir dari Indonesia dan Amerika Serikat itu juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama serta menjadi tempat bagi para prajurit Marinir dari kedua negara agar dapat saling berbagi pengetahuan tentang taktik dan teknik pertempuran, termasuk diantaranya teknik menyeberangi sungai.

“Keberhasilan dalam suatu misi ditentukan oleh kemampuan saat melaksanakan infiltrasi. Semakin bagus dalam infiltrasi, maka keberhasilan penyelesaian sasaran akan semakin tajam. Di sini lah kalian diasah untuk melaksanakan infiltrasi penyeberangan sungai agar semakin mahir dan yakin dalam menghadapi tugas ke depan,” kata Danyontaifib 1 Mayor Marinir Laili Nugroho.

Dalam latihan tersebut, di skenariokan saat prajurit Marinir mendapatkan perintah untuk melakukan infiltrasi ke suatu daerah. Namun, dalam perjalanannya terdapat sebuah sungai berarus deras yang mereka harus sebrangi. Sehingga perlu segera di buat sebuah rencana agar dapat menyeberang dengan , cepat, tepat dan aman.

Perlu di ketahui, Latihan Bersama Reconnaissance Exchange atau Reconex 2024 adalah sebuah program latihan bersama yang selalu rutin di lakukan oleh Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat setiap periode 1 atau 2 tahun sekali. Pada tahun 2021 dan 2023 kegiatan latihan bersama ini berlangsung di Marine Force Reconnaisance Battalion Camp, Pendleton, California, Amerika Serikat.

Untuk tahun 2024 ini, Latihan bersama Reconex 2024 berlangsung di tiga tempat yang berbeda yaitu di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat, lalu di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Pondok Cabe, Tangerang, Banten, dan di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: KORPS Marinir TNI AL


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah