Bangun Kolaborasi, Dedikasi Kita Bersua Dengan Komunitas Bandung Raya

- 29 April 2024, 23:30 WIB
Bangun Kolaborasi, Dedikasi Kita bersua dengan Komunitas Se Bandung Raya
Bangun Kolaborasi, Dedikasi Kita bersua dengan Komunitas Se Bandung Raya /Istimewa/

MUDANESIA - Dedikasi Kita menghadiri kegiatan temu komunitasi se Bandung di Eco Learning Camp, Jl. Pakar Barat No.3, Ciburail, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat. Memenuhi undangan dari Eco Learning Camp dapat bertemu kawan kawan komunitas yang ada di Bandung Raya merupakan suatu kesempatan untuk menjalin luas hubungan dalam pembangunan berkelanjutan atau SDG's.

Eco Learning Camp punya cara unik dalam menyambut tamu/teman-teman Komunitas Se Bandung Raya untuk dapat menikmati setiap hasil alam yang selama ini dianggap hanya sebuah kebutuhan yang biasa. Eco Learning Camp mengajarkan cara untuk menghargai cerih payah setiap hasil alam yang dinikmati orang-orang saat ini. Dari proses biji teh sampai menikmati secangkir teh diiringi dengan kicawan burung dan hembusan angin menambah kenikmatan dalam secangkir teh.

Ada rangkaian acara ini Eco Learning Camp mengajak teman-teman komunitas untuk bertukar informasi mengenai masing-masing komunitas. Kesempatan belajar dari setiap komunitas yang telah dijalankan di Bandung membuka lebar mata kita dan juga harapan untuk Dedikasi Kita dapat turut aktif dalam bergerak dalam menjayakan bumi Bandung.

Dalam rangkaian acara Eco Learning Camp memberikan kesempatan untuk teman-teman Komunitas Se Bandung untuk dapat melakukan FGD atau Fokus Grup Diskusi untuk melihat masing-masing sudut pandang komunitas perihal menjaga Kota Bandung.

Ada 4 pembahasan dalam FGD yaitu 1. Sudah sejauh apa peran komunitas anak muda di Bandung selama ini?, 2. Apa saja masalah yang paling besar yang ada di Bandung yang bisa dibenahi oleh komunitas anak muda?, 3. Apa potensi kolaborasi yang bisa dilakukan komuniyas anak muda saat ini dan nanti?, 4. Anak muda butuh dukungan/wadah/program seperti apa untuk melakukan perubahan yang berarti?

Sehingga dari hasil FGD yang sudah dilakukan di Eco Learning Camp seolah membuka mata untuk anak muda dapat berperan aktif dalam menyelamatkan Bumi Bandung Raya. Begitu besar dan banyak yang harus dapat dibenahi di Kota Bandung sehingga perlu peran aktif anak muda dalam menjalankannya.

Taufiq Salim menyampaikan bahwa ini adalah momentum untuk dapat menyebar luaskan forum-forum kolaborasi untuk menjalin kolaborasi dalam berdedikasi, Kota Bandung yang terlihat nyaman dalam pandangan orang awam ternyata terdapat beberapa keresahan bagi anak muda Bandung dalam melihat kota Bandung dalam sudut pandang yang berbeda.

Dedikasi Kita siap untuk menyukseskan forum-forum kolaborasi dalam menjawab keresahan anak muda Bandung.

Fauzan Farinduan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang tepat untuk memunculkan potensi kolaborasi antar komunitas untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan maka dari itu konsistensi dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Mudanesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah