Profil Ilham Habibie, Putra Presiden RI ke 3 yang Di Usung Partai Nasdem Sebagai Calon Pemimpin Warga Jabar

- 7 Juni 2024, 17:00 WIB
Instagram:  @ilham habibie
Instagram: @ilham habibie /

MUDANESIA - Partai Nasdem secara resmi telah mengumumkan untuk mengusung Ilham Akbar Habibie, putra pertama Presiden RI ke 3 BJ Habibie sebagai kandidat Gubernur atau Wakil Gubernur Jawa Barat.

Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A. dilahirkan di Aachen, Jerman pada tanggal 16 Mei 1963. Setali tiga uang dengan sang ayah BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie adalah pakar dalam teknologi kedirgantaraan. Putra pasangan BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie menamatkan pendidikannya dengan meraih gelar Doktor dari Ingenieur atau Universitas Teknik München, Jerman dengan predikat summa cum laude (istimewa) pada tahun 1994.

Ilham Habibie ini dilahirkan dan besar di Jerman, selama hampir 31 tahun lamanya. Dari mulai meniti pendidikan Sekolah Dasar di Elementary School Windmuehlenweg hingga menyelesaikan gelar Doktornya (S3) di Universitas Teknik München Jerman.

Baca Juga: Tiko Aryawardhana, Suami BCL di Laporkan Ke Polres Metro Jaksel

Pasca menamatkan pendidikan Doktornya lah, Ilham mulai meninggalkan Jerman menuju ke Amerika Serikat. Saat itu, Ilham bekerja di pabrik pesawat Boeing di Amerika Serikat selama 2 tahun. Lalu dipercaya menjabat sebagai Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia hingga tahun 2002.

Kemudian pasca mundur dari PT. DI, Ilham fokus membangun dan membesarkan Grup Ilthabi Rekatama yang memang merupakan perusahaan keluarga Habibie. Di saat yang sama Ilham juga memutuskan untuk sambil menimba ilmu kembali dengan Master of Business Administration di School of Business, Universitas Chicago.

Ilham Habibie juga banyak diberikan amanah untuk memimpin perusahaan sebagai Presiden Direktur atau CEO di beberapa perusahaan. Seperti, PT. Global Group Asia, PT. Industri Mineral Indonesia dan yang lainnya. Hingga jabatan komisaris di beberapa perusahaan besar lainnya di antaranya PT. Pollux Barelang Mega Superblok Meisterstadt Batam.

Baca Juga: Merasa Belum Pantas, Atta Halilintar Ibadah Haji Bersama Aurel Hermansyah

Di Bidang organisasi, Ilham Habibie banyak aktif di organisasi cendikiawan muslim dengan menjabat sebagai Ketua Presidium ICMI tahun 2010 hingga 2015 lalu sebagai Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) pada tahun 2012 hingga 2017.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah