Banjir Bandang dan Tanah Longsor Menerjang 2 Perkampungan di Cipongkor Bandung Barat

- 25 Maret 2024, 12:40 WIB
Banjir bandang dan longsor terjang Cipongkor KBB. Kiri: warga tertimbun reruntuhan dalam proses evakuasi. Ratusan warga mengungsi ke tempat aman.
Banjir bandang dan longsor terjang Cipongkor KBB. Kiri: warga tertimbun reruntuhan dalam proses evakuasi. Ratusan warga mengungsi ke tempat aman. /Kolase dari Jabar Bergerak/

MUDANESIA - Bencana banjir bandang dan longsor menimpa Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Minggu (24/3/2024) malam.

Lokasi terparah menimpa Desa Cibenda di Kecamatan Cipongkor. Diperkirakan 30 rumah hancur akibat tertimbun longsoran tanah yang berasal dari bukit yang tepat berada di atas perkampungan.

Longsoran tanah yang bercampur dengan air tersebut menimpa sebuah kampung yang bernama Kampung Gintung, RT 03/04, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor.

Selain itu, banjir bandang juga menerjang Desa Sirnagalih yang letaknya bersebelahan dengan Desa Cibenda.

Camat Cipongkor, Rega Wiguna  mengatakan bahwa menurut data sementara, jumlah warga terdampak bencana longsor tersebut mencapai 55 kepala keluarga atau sekitar 225 jiwa.

Warga Cipongkor Bandung Barat dievakuasi ke Balai Desa setempat karena banjir bandang, Minggu 24 Maret 2024.
Warga Cipongkor Bandung Barat dievakuasi ke Balai Desa setempat karena banjir bandang, Minggu 24 Maret 2024. Instagram @infobandungbarat

Selain itu, pihaknya di bantu berbagai unsur tim penyelamat dari Basarnas, TNI/Polri dan unsur lainya masih mencari para korban yang belum di temukan.

"Tiga orang sudah ditemukan dalam kondisi selamat, 10 dalam proses pencarian. 2 orang di rumah sakit, kemungkinan tertimbun di rumah (korban yang hilang)," jelas Camat Cipongkor Rega Wiguna di lokasi, Senin (25/3/2024).

Kemudian Rega juga menjelaskan, saat ini para korban bencana telah berada di beberapa titik pengungsian seperti di Gor Desa Cibemda dan SDN 1 Cibenda serta SDN Padakati. Namun, ada beberapa warga yang juga mengungsi ke rumah sanak saudaranya masing masing.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Atalia Praratya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x