Pasca Ditetapkannya Arsan Latif Jadi Tersangka, LAKI KBB Berharap DPRD Segera Usulkan Penggantinya

- 6 Juni 2024, 14:00 WIB
Pasca Ditetapkannya Arsan Latif Jadi Tersangka, LAKI KBB Berharap DPRD Segera Usulkan Penggantinya
Pasca Ditetapkannya Arsan Latif Jadi Tersangka, LAKI KBB Berharap DPRD Segera Usulkan Penggantinya /Istimewa/

MUDANESIA - Setelah Kejati Jabar menetapkan PJ Bupati Bandung Barat Arsan Latif sebagai tersangka atas keterlibatan aktif dalam kasus pasar Cigasong Majalengka, masyarakat mulai mendesak agar semua pemangku kepentingan segera bertindak cepat untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar.

Gunawan Rasyid Ketua Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia/LAKI KBB menyampaikan disela sela pelaksanaan Rakernas LAKI ke 17 di Pontianak Kalbar lewat sambungan telpon, Kamis (06/06/2024), mengatakan bahwa DPRD KBB harus proaktif dan bertindak cepat dalam menghadapi persoalan PJ Bupati Kabupaten Bandung Barat.

Hal ini menjadi penting karena menurut pandangan LAKI KBB penugasan PJ Bupati Kabupaten Bandung Barat yang ditunjuk langsung oleh Mendagri mengambil ASN Jabatan Pimpinan Tinggi/JPT dari Kemendagri, merupakan kecerobohan dan kegagalan yang nyata, Mendagri mengabaikan kajian dan aspirasi rasional masyarakat Bandung Barat yang direferesentasikan oleh DPRD.

Guras sapaan akrabnya, menambahkan sebagai Ketua LAKI KBB pada saat pengusulan Penjabat Bupati KBB berdasarkan mekanisme perundang-undangan, yang paling etis adalah berdasarkan usulan dari DPRD KBB walaupun Mendagri mempunyai hak prerogratif.

Tentu ini menjadi penting karena Penjabat Bupati sebagai penugasan bukan jabatan politis, yang bertujuan untuk menjaga kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan sehingga ASN yang ditunjuk harus JPT yang sudah mengetahui kultur birokrasi dan kultur masyarakat setempat, agar kegiatan pelayanan langsung bisa berjalan.

LAKI KBB
LAKI KBB

Pada saat itu masyarakat KBB sudah merekomendasi tiga nama JPT melalui DPRD KBB, entah ada kepentingan apa Mendagri mengabaikan DPRD KBB dengan menunjuk Arsan Latif JPT dari Kemendagri, tutur Guras.

Beredar di media PJ Gubernur Jabar saat ini sudah melayangkan surat ke Mendagri mengusulkan penggantian PJ Bupati KBB Arsan Latif, kami berharap DPRD KBB proaktif segera mengusulkan kembali tiga nama JPT yang perna diusulkan sebelum Arsan Latif ditugaskan, agar tidak terjadi stagnasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

LAKI berharap Mendagri jangan melakukan kesalahan kedua kalinya, biarkanlah masalah KBB diselesaikan oleh orang KBB, ucapnya.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Mudanesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah