September 2024, 11.916 Orang ASN dari 38 Kementerian dan Lembaga Mulai Bertugas di IKN

- 17 April 2024, 22:30 WIB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas (tengah) didampingi Wamenkominfo Nezar Patria (kanan) dan Dirjen IKP Kemenkominfo Usman Kansong di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024).
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas (tengah) didampingi Wamenkominfo Nezar Patria (kanan) dan Dirjen IKP Kemenkominfo Usman Kansong di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024). /antaranews.com/

MUDANESIA - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB terus mempersiapkan dan mematangkan proses pemindahan para aparatur sipil negara ke IKN. Hal tersebut di ungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dalam Konferensi Pers terkait “Skema Pemindahan ASN ke IKN” di Jakarta, pada Rabu (17/04/2024).

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan kebijakan yang komprehensif terkait pemindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, ini bukan sekadar urusan memindahkan ASN dari satu tempat ke tempat lainnya, bukan soal pindah tempat kerja, tetapi pemerintah mendesain skema yang komprehensif, mulai soal efektivitas kinerja, budaya kerja digital, hingga paradigma kerja birokrasi yang transformatif,” ujar Anas.

Anas juga menjelaskan, para pegawai negeri sipil tersebut akan mulai di tempatkan di IKN secara bertahap. Baru pada bulan Juli 2024 nanti, ada beberapa menteri beserta para jajaran pejabatnya juga akan mulai pindah ke IKN.

“Salah satunya, kemarin kami sudah ketemu Menteri PUPR yang memang akan pindah pertama bulan Juli 2024,” ungkap Abdullah Azwar Anas .

Menurut rencana, pada bulan Agustus 2024, kegiatan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang melibatkan sekitar 1.500 personel akan digelar di IKN.

“Kemudian pada September 2024 dilanjutkan dengan pemindahan ASN secara lebih masif. Ada prioritas satu, dua, dan tiga, berapa jumlah eselon I-nya dan seterusnya, semua sudah ada datanya. Tinggal eksekusi saja,” kata Anas.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas juga mengatakan, rencananya pada bulan September 2024 nanti. Pada tahap pertama sebanyak 11.916 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 38 kementerian dan lembaga akan mulai bertugas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pemerintah juga akan memberikan fasilitas rumah hunian atau apartemen dinas bagi para pegawai pemerintah yang ditugaskan di ibu kota baru tersebut. Untuk itu di tahun 2024, pemerintah berupaya menyelesaikan pembangunan 47 gedung baru.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Kemenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x