Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Ribuan Penumpang Tunda Keberangkatan

- 19 April 2024, 16:05 WIB
Penumpukan Penumpang di Bandara Sam Ratulangi
Penumpukan Penumpang di Bandara Sam Ratulangi /Istimewa/

MUDANESIA - Ribuan penumpang menunda keberangkatan mereka melalui Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado akibat dampak semburan abu vulkanik Gunung Ruang, Kecamatan Tagulandang, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Ada sebanyak 47 rute penerbangan yang berdampak sampai hari kedua ini," kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado Jumat.

Dia mengemukakan sekitar 47 flight tujuan Jakarta, Surabaya, Sorong, Balikpapan, dan juga beberapa flight international yang ditunda penerbangannya hingga hari kedua. "Sehingga ada sebanyak 6.165 penumpang yang harus menunda kembali keberangkatannya," katanya.

Bagi penumpang yang terkena dampak dihimbau untuk reschedule di CS lobi keberangkatan.

“Saya berharap penumpang untuk bersabar dalam situasi ini, karena untuk keselamatan penerbangan dan kami juga akan memberitahukan setiap ada perkembangan terbaru," katanya pula.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan sekitar radius 6 meter merupakan zona aman dari pusat erupsi. PVMBG sebelumnya menyebutkan juga, dalam waktu 24 jam sudah terjadi 3 kali erupsi dengan ketinggian 1.800 M hingga 3000 M dari puncak Gunung Ruang.

Pada periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.***

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x