564 Gempa Dangkal Gunung Ruang Terekam Pos Pengamatan Gunung Api

- 17 April 2024, 23:35 WIB
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro terus menunjukkan aktivitas erupsi. ANTARA/foto diambil dariati penggalan video yang beredar di grup percakapan 'Info Gunung Api Sitaro'
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro terus menunjukkan aktivitas erupsi. ANTARA/foto diambil dariati penggalan video yang beredar di grup percakapan 'Info Gunung Api Sitaro' /
MUDANESIA - Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) mencatat sebanyak 564 gempa dangkal di Gunung Ruang, Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Laporan aktivitas Gunung Ruang untuk periode 06.00 - 12.00 WITA yang diterima di Manado pada hari Rabu menunjukkan bahwa gempa vulkanik dangkal ini memiliki amplitudo antara 10-55 milimeter dengan durasi 15-35 detik.

Tambahan lagi, tercatat dua gempa terasa dengan amplitudo 55 milimeter dan durasi 42-43 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang serta pengunjung dan wisatawan diimbau untuk tetap waspada dan tidak mendekati area dalam radius empat kilometer dari pusat kawah yang aktif.
 
 
Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.
 
Diharapkan pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulut dan kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.
 
Gunung Ruang meletus eksplosif pada Selasa (16/4) pukul 19.19 Wita setelah terjadi peningkatan aktivitas gempa vulkanik.
 
Sebanyak 838 warga yang ada di dua desa yang bermukim di Pulau Ruang telah diungsikan ke Kecamatan Tagulandang menggunakan kapal laut.***

 

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x