Pabrik Rotan Dilahap si Jago Merah Total Kerugian Mencapai 10 Milyar

- 22 April 2024, 22:55 WIB
Pabrik Rotan Dilahap si Jago Merah Total Kerugian Mencapai 10 Milyar
Pabrik Rotan Dilahap si Jago Merah Total Kerugian Mencapai 10 Milyar /Istimewa/

MUDANESIA – Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu enam jam untuk menjinakkan api yang melalap pabrik rotan di Desa Karangasem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Senin (22/4/2024).

Kabid Kedaruratan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sudjana menyatakan luas bangunan yang terbakar mencapai sekitar 14.000 meter persegi, membuat proses pemadaman menjadi lebih sulit.

“Luas bangunan yang terbakar mencapai 14.000 meter persegi, dan ada lima unit mobil pick up yang hangus terbakar. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” ungkap Eno.

Eno menambahkan, sebanyak 11 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api.

“Proses pemadaman berlangsung hampir empat jam, dilanjutkan dengan pendinginan selama dua jam. Dua unit mobil dari Kota Cirebon dan sembilan unit lainnya dari Kabupaten Cirebon dikerahkan,” jelasnya.

General Manager PT Indigo Mandiri Sejahtera, Heri Dasa menyebutkan kerugian yang dialami mencapai Rp 10 miliar.

“Kami memiliki satu gudang packing yang berisi barang yang siap dikirim ke AS dan Eropa. Seluruhnya, sekitar 10 kontainer, hangus terbakar. Kerugian yang kami alami mencapai Rp 2,7 miliar untuk barang dan Rp 10 miliar jika termasuk bangunan dan aset lainnya,” ujar Heri.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan api menghanguskan sebagian besar barang furnitur dan tiga bangunan di area pabrik. “Tiga bangunan, termasuk bangunan utama dan bangunan kecil dengan luas total 14.000 meter persegi, ikut terbakar. Barang-barang furnitur merupakan yang paling banyak terkena dampak,” tuturnya.

Penyebab kebakaran hingga saat ini masih belum diketahui. Pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan mendalam terkait insiden ini.***

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Mudanesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x