Pemerintah Datangkan 2 Kapal Selam Canggih dan 2 Kapal Perang Multi Misi Untuk Memperkuat TNI AL

- 18 April 2024, 22:00 WIB
Pemerintah Datangkan 2 Kapal Selam Canggih dan 2 Kapal Perang Multi Misi Untuk Memperkuat TNI AL
Pemerintah Datangkan 2 Kapal Selam Canggih dan 2 Kapal Perang Multi Misi Untuk Memperkuat TNI AL /Kemenhan/

MUDANESIA - Dengan posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki perairan yang begitu luas. Keberadaan Angkatan Laut yang di segani menjadi suatu keharusan. Untuk itu, pembangunan kemampuan maritim Indonesia terus ditingkatkan.

Di tahun 2024 ini Kementerian Pertahanan secara resmi telah menandatangani 2 kontrak kerjasama untuk program pengadaan dua unit kapal selam Scorpène® Evolved dari perusahaan Prancis Naval Group, pada Kamis (28/3/2024) serta 2 kapal perang multi misi jenis Pattugliatore Polivalente d'Altura (PPA) yang di buat galangan kapal Fincantieri S.p.A asal Italia.

Bahkan untuk pengadaan 2 kapal selam canggih Scorpène® Evolved dari Perancis ini, seluruh proses pengerjaannya akan dilakukan oleh PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. Setelah perusahaan galangan kapal asal Perancis Naval Group dan PT PAL Indonesia telah melaksanakan Joint Operation Agreement pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian Kesepakatan kerja sama tersebut dilanjutkan menjadi sebuah Memorandum of Understanding (MoU).

Perlu diketahui, Kapal selam Scorpene envolved ini merupakan kapal selam tipe terbaru dan tercanggih yang memiliki panjang 71 meter dan mampu digeber hingga kecepatan maksimum 20 knot. Kapal selam ini mampu membawa persenjataan yang mematikan yaitu torpedo Black Shark, rudal anti kapal SM 39 serta dapat dipasangi torpedo F21 dan dilengkapi non akustik sensor dan sistem komunikasi yang canggih.

Pemerintah Datangkan 2 Kapal Selam Canggih dan 2 Kapal Perang Multi Misi Untuk Memperkuat TNI AL
Pemerintah Datangkan 2 Kapal Selam Canggih dan 2 Kapal Perang Multi Misi Untuk Memperkuat TNI AL

Kapal Selam asal Perancis ini juga memiliki kemampuan indiscretion atau tidak terdeteksi oleh musuh saat beroperasi di bawah air. Selain itu, kapal selam ini memiliki Full Lithium Ion Battery sehingga memberikan keunggulan dalam hal daya tahan dan kinerja. Lithium-Ion adalah teknologi baterai yang ringan dan memiliki kepadatan energi tinggi yang memungkinkan kapal selam dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa perlu sering melakukan pengisian ulang. Hal ini penting untuk misi jangka panjang dan menjaga keberlanjutan operasional kapal selam di laut.

Selain kapal selam, Kementerian Pertahanan juga mendatangkan 2 unit kapal perang multi misi tipe Pattugliatore Polivalente d'Altura atau PPA. Kapal perang yang di Italia di kenal dengan nama Thaon di Revel class ini, menurut rencana kapal pertama akan datang pada bulan Oktober 2024 kemudian untuk kapal kedua pada April 2025.

Kapal perang canggih ini memiliki panjang 143 meter dan lebar kapal sekitar 16.5 meter. Serta memiliki bobot total 6.250 Ton. Kapal ini pun mampu melaju dengan kecepatan 30 Knots dan memiliki kemampuan jelajah sejauh 5000 NM.

Untuk persenjataan yang mampu di gotong oleh kapal perang tak perlu di pertanyakan lagi. Kapal ini dipersenjatai dengan meriam 127 mm Vulcano, meriam 76 mm Strales, meriam ringan 25mm dengan Fire-Control Radar (FCR) RTN 10X system Dardo.

Halaman:

Editor: Alif Niyu Ramdhan Rusyadi

Sumber: Kemenhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x