BMKG Kembali Mengingatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

- 18 Maret 2024, 13:15 WIB
BMKG
BMKG /

MUDANESIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan kepada masyarakat akan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Senin (18/3/2024).

Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari akun media sosial resmi BMKG , potensi hujan lebat berpeluang terjadi di wilayah Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga dapat terjadi di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Mengintai: BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Terkait Bibit Siklon Tropis

Perlu di waspadai juga potensi hujan lebat yang di sertai angin kencang yang diperkirakan akan terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara,
Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Kemudian hujan yang diperkirakan akan turun di beberapa wilayah Indonesia masuk dalam kategori hujan badai yang disertai kilat dan petir berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Lalu di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Prakirawan BMKG Nurul Tazaroh menjelaskan bahwa fenomena cuaca yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia yaitu terjadinya hujan yang cukup lebat dan angin yang cukup kencang ini dipengaruhi oleh aktivitas dua bibit siklon tropis yang saat ini terdeteksi berada di sebelah tenggara Samudra Hindia dan Teluk Carpentaria.

Halaman:

Editor: Tatos Ridwan A. Fauzi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x